Mengenai Saya

Foto saya
my life is not for my own

Rabu, 02 Februari 2011

GONG XI FA CAI

GONG XI FA CAI to everyone

mau berbagi cerita tentang tradisi cina sedikit nih.

kemarin adalah malam tahun baru cina or imlek biasanya kita adakan "feast" a.k.a makan malam bersama yg besar (well besarnya tergantung budget masing-masing), tapi tradisi keluarga kami, kami melakukan makan malam bersama di rumah, mama dan para kakak ipar akan sibuk memasak sebanyak mungkin lauk. Dan gw tinggal enak makannya....hhahaha tidak sopan yah gw..... enak aja ada porsi kerja masing-masing neh.

Lauk makanan tahun ini memang tidak sebanyak tahun - tahun sebelumnya,semakin bertambahnya tahun semakin sedikit lauk yang di masak, tentunya di karenakan adanya rasa "tahu diri" untuk diet. Karena sejak tahun lalu berlomba lomba untuk diet semuanya.

Ok kembali ke Chinese Tradition ... dan menjelang pagi, sebagai anak yang berbakti dengan orang tua, orang tua kami mengajarkan anak-anaknya untuk memberikan ucapan selamat hari raya tahun baru imlek a.k.a Gong Xi Fa Cai dengan semua doa doanya ke orang tua terlebih dahulu, dengan cara memberikan minuman manis.

Dahulu saat Ska masih kecil, orang tua Ska selalu buat "acara" dimana kita anak anaknya harus berbaris dari urutan umur yang paling besar sampai yang terkecil lengkap dengan pakaian baru kita, kemudian memberikan ucapan serta minuman manis ke kedua orang tua kami secara bergantian, dan tentunya sambil di abadikan dengan handycam dan camera (i wish i can find those old photos).



Minuman manis itu di artikan sebagai memulai tahun baru dengan sesuatu yang manis, rejeki yang manis, berkat yang manis, semua serba sweet.
Minuman manis itu biasanya yang buat mama, di masak dengan berbagai obat obatan dan manisan cina...well i really LOVE IT, well my mum not really good in making this sweets but i think she's not bad...i should learn from her...
setelah memberikan minuman manis ke mama, baru deh ANG PAO na lai... hehhehe baru deh dapet ang pao

Happy Chinese New Year everyone...

well jujurnya kepingin banget ajak ajak temen-temen batak gw.... utk ngerayain Chinese new year.... biar impartasi Chinesenya (*aksen batak*)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar